Selasa, Maret 19, 2013

Teori-Teori Kepribadian 1 (Psikologi Dasar 1)


 A. Psikoanalisis Sigmund Freund


  • Riwayat hidup Sigmund Freud
Riwayat hidup Sigmund Freund yang terkenal dengan teori psikoanalisis dilahirkan di morovia, pada tanggal 6 mei 1856 dan meninggal di london pada tanggal 23 september 1939.

Sigmund Freud di kenal juga sebagai tokoh yang kreatif dan produktif. karena karya dan produktifitasnya itu, freud bukan hanya di kenal sebagai pencetus psikoanalisis yang mencuatkan namanya sebagai intelektual. tapi telah meletakkan teknik baru untuk memahami sifat manusia. hasil usaha nya itu adalah sebuah teori kepribadian dan psikoterapi yang sangat komprehensif


Psikoanalisa dianggap sebagai revolusioner di bidang psikologi yang di mulai dari satu metode penyembuhan penderita sakit mental,hingga menjelma menjadi sebuah konsepsi baru tentang manusia. hipotesis pokok psikoanalisa menyatakan bahwa tingkah laku manusia sebagian besar di tentukan oleh motif-motif tak sadar, sehingga Freund di juluki sebagai bapak penjelajah dan pembuat peta ketidaksadaran manusia.



  • Persepsi tentang sifat manusia.
menurut sigmud freund, perilaku manusia itu di tentukan oleh kekuatan irasional yang tidak di sadarai dari dorongan biologis dan dorongan naluri psikoseksual tertentu pada masa 6 tahun pertama kehidupannya. ajaran psikoanalisis menyatakan bahwa perilaku seseorang itu lebih rumit dari pada apa yang dibayangkan orang tersebut.

teorinya dalam ilmu Psikodinamika adalah ID, EGO, dan SUPEREGO. 
ID, bagian jiwa paling liar, berpotensi jahat. ada yang menafsirkan ID adalah nafsu manusia yang mementingkan kebutuhan perut kebawah. disisi lain ID tidak mempertimbangkan akibat dari pemenuhan hasratnya. intinya Id adalah bagian jahat dari diri manusia yang beresiko merugikan orang lain dan diri sendiri. ID adalah sebenarnya yang menguasai manusia pada umur 0-2 tahun.

EGO sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ID. EGO ditafsirkan sebagai nafsu untuk memenuhi nafsu. hanya saja telah ada kontrol dari diri manusia itu sendiri. sudah ada pertimbangan, dan telah memikirkan akibat dari yang telah dilakukannya. tepatnya EGO adalah pengontrol ID. 
Contoh dari EGO adalah "PERATURAN". semua rule yang di buat adalah untuk mencegah manusia menjadi liar dan tak terkontrol. freud menyatakan bahwa EGO banyak mendominasi manusia pada umur 2-3 tahun.

SUPEREGO atau yang lebih sering di sebut dengan HATI NURANI. pembentukan dan perkembangan SUPEREGO sangat di tentukan oleh pengarahan atau bimbingan lingkungan sejak usia dini. Contoh, bila seseorang di asuh dalam lingkungan yang serba cuek dan mau menang sendiri, BISA DIPASTIKAN bahwa SUPEREGO atau NURANINYA tumpul (apatis dan tidak perduli terhadap sesama dan lingkungan*Persepsi saya*). sedangkan SUPEREGO ada dan muncul pada diri manusia pada umur 3 tahun keatas.

  • Struktur Kepribadian
dalam teori Psikoanalatik, struktur kepribadian manusia itu terdiri dari ID, EGO, dan SUPEREGO .
  1. id adalah komponen kepribadian yang berisi impuls agresif dan libinal, dimana sistem kerjanya,dengan prinsip kesenangan "pleasure Principle".
  2. Ego adalah bagian kepribadian yang bertugas sebagai pelaksana, dimana sistem kerjanya pada dunia luar, untuk menilai realita dan berhubungan dengan dunia dalam untuk mengatur dorongan-dorongan ID agar tidak melanggar nilai-nilai SUPEREGO (moral).
  3. SUPEREGO adalah bagian moral dari kepribadian manusia, karena ia merupakan filter dari sensor baik buruk, salah-benar, boleh-tidak sesuatu yang dilakukan oleh dorongan ego.
Gerald corey menyatakan dalam perspektif aliran freud ortodoks,manusia dilihat sebgaai sistem energi, dimana dinamika kepribadian itu terdiri dari cara-cara untuk medidtribusikan energi psikis kepada ID,EGO,dan SUPEREGO tetapi energi tersebut terbatas. JADI intinya KEPRIBADIAN manusia itu sangat di tentukan oleh ENERGI PSIKIS yang menggerakkan.

Calvil S.Hall dan Lindzey, dalam Psikodinamika masing-masing bagian dari kepribadian total mempunyai fungsi sifat, komponen, prinsip kerja dinamika, dan mekanisme tersendiri namun semuanya, berinteraksi begitu erat satu sama lainnya, sehingga tidak mungkin di pisahkan. ID bagian tertua dai aparatur mental dan merupakan komponen terpenting sepanang hidup. ID dan intinsik-intinsik lainnya mencerminkan tujuan sejati kehidupan organisme individual. jadi ID merupak pihak dominan dalam kemitraan struktur kepribadian manusia.



Menurut S. Hall dan Lindzey, dalam Sumadi Suryabarata, cara kerja masing-masing struktur dalam pembentukan kepribadian adalah:


1) apabila rasa id-nya menguasai sebahagian besar energi psikis itu, maka pribadinya akan bertindak primitif, implusif dan agresif dan ia akan mengubar impuls-impuls primitifnya,


(2) apabila rasa ego-nya menguasai sebagian besar energi psikis itu, maka pribadinya bertindak dengan cara-cara yang realistik, logis, dan rasional, dan


(3) apabila rasa super ego-nya menguasai sebagian besar energi psikis itu, maka pribadinya akan bertindak pada hal-hal yang bersifat moralitas, mengejar hal-hal yang sempurna yang kadang-kadang irrasional.



0 comment:

Poskan Komentar